post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Senin, 19 Maret 2012

Wisata Sumber Boto

Jombang
Wisata Sumberboto terletak di desa Japangan, kecamatan Mojowarno. Obyek wisata ini terkenal dengan kolam renang alami, bumi perkemahan, dan jalur napak tilas pasukan Wanara saat perjuangan kemerdekaan RI. Untuk itulah, di lokasi ini juga terdapat monumen perjuangan Wanara.
Pada awalnya, lokasi ini hanya sebuah pemandian biasa yang kurang terawat keberadaannya. Setelah proklamasi kemerdekaan, sebuah organisasi angkatan muda kehutanan dari korps karyawan kehutanan mulai mengelola lokasi ini sebagai salah satu lokasi peringatan napak tilas perjuangan pasukan Wanara merebut kemerdekaan.
Saat itu pemandian Sumberboto dijadikan tempat persenjataan pasukan Wanara seperti, peluru, granat, bom dan jenis senjata yang lain untuk melengkapi kebutuhan perang melawan penjajah Belanda. Hampir setiap hari, pasukan ini membuka sejumlah bom peninggalan penjajah Jepang untuk diolah menjadi peluru dan granat. Namun, upaya ini membawa musibah diluar dugaan.
Pada tanggal 12 April 1948, tiba-tiba bom seberat 500 kg yang dibuka itu meledak hingga menewaskan lima anggota pasukan Wanara. Lokasi ledakan bom ini kemudian dijadikan monumen Sumberboto yang dilengkapi dua patung prajurit, yang bertengger sampai sekarang.
Seiring dengan perkembangan jaman, lokasi pemandian ini dikembangkan sebagai wana wisata, lengkap dengan bangunan kolam renang, wisma, pendapa, bumi perkemahan dan sarana rekreasi keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar