post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Kamis, 04 Oktober 2012

Makanan Enak Ini Bisa Bikin Nyawa Terancam!


Kadang, sesuatu yang berbahaya itu terasa menyenangkan. Menantang dan memacu adrenalin, sehingga kita merasa puas setelah berhasil selamat. Makanan berikut pun bisa jadi mematikan. Namun, jika bisa mengolah rasanya nikmat.
Beberapa makanan di bawah ini mungkin sudah Anda kenal, namun belum tentu tahu akan bahayanya. Sebut saja tapioka dan durian. Simak artikel dari The Daily Mealberikut ini agar Anda dapat menikmati kelezatan makanan dengan rasa aman.1. Tapioka
Ya, tepung tapioka yang terbuat dari singkong. Tepung ini cukup populer di kuliner nusantara, biasanya digunakan sebagai bahan pengental. Jika tidak diolah dengan benar, zat di akar dan daun singkong dapat memicu produksi cyanide. Keracunan zat ini bisa menimbulkan berbagai problem kesehatan, mulai dari sakit kepala hingga serangan jantung.

2. Stonefish
Seperti namanya, tubuh ikan ini seperti ditempeli batu karang. Melihat bentuknya saja sudah menyeramkan, apalagi mengetahui akibat yang ditimbulkan karena salah konsumsi. Inilah salah satu ikan paling beracun di dunia. Sirip punggungnya dapat mengeluarkan racun yang menyerang persendian. Namun, jika diolah oleh chef profesional, stonefish bisa disajikan sebagai sashimi.

3. Escamole
Di Meksiko, telur semut dibuat menjadi sajian lezat. Telur ini berasal dari semut Liometopum berwarna hitam, besar, dan beracun. Escamole biasa disantap di dalam taco. Konon, rasanya gurih seperti selai kacang, sementara teksturnya mirip cottage cheese.

4. Durian
Harum dan manisnya durian membuat buah asal Asia Tenggara ini memiliki banyak penggemar.  Namun, banyak pula yang tak suka dengan baunya yang menyengat dan teksturnya yang lembek. Anda perlu mewaspadai bijinya yang mengandung asam lemak cyclopropene yang beracun. Jangan pernah mengonsumsinya mentah-mentah, namun Anda bisa merebus dulu agar lebih aman.

5. Ikan red scorpion
Ikan predator ini berwarna merah. Dikenal juga dengan nama red rock cod. Ikan ini banyak ditemui di laut Mediterania, sebelah timur Samudera Atlantik, dan Australia. Racunnya terdapat di sirip punggung dan tentakel. Di salah satu episode Iron Chef Jepang, ikan ini pernah ditampilkan sebagai bahan masak rahasia.
6. Jamur inky cap
Jamur inky cap banyak ditemukan di Eropa dan Amerika Utara. Jamur bernama latin Coprinopsis atramentaria ini ‘bertopi’ abu-abu kecoklatan. Sebenarnya jamur ini bisa dimakan, biasanya dicampurkan ke dalam sup dan salad. Namun, jangan sekali-kali minum alkohol setelah makan jamur ini. Akibatnya akan terjadi mual, muntah, serta jantung berdebar.
7. Grass peas
Grass peas sering digunakan dalam kuliner India dan Afrika Timur. Seperti lentil, kacang ini biasanya dimasukkan ke dalam sup dan semur, namun bisa juga dijadikan tepung. Pohonnya dapat tumbuh di daerah kering sekalipun. Tanaman ini bisa menyebabkan neurolathyrism, penyakit yang dapat menimbulkan kelumpuhan.

Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar