post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Minggu, 17 Februari 2013

Jombang Mengadakan Kenduri Durian Sebanyak 2013 Durian


Duren2.JPG

Sebanyak 2013 buah durian ludes jadi rebutan ratusan warga dalam acara Kenduri Duridi lapangan Desa/Kecamatan Wonosalam, Jombang, Minggu (17/2/2013). 
    
Ribuan durian yang ditata pada kerangka bambu berbentuk kerucut mirip gunungan atau tumpeng raksasa tersebut habis diambil ratusan warga dalam tempo singkat, hanya sekitar setengah jam. Yakni mulai pukul 10.20 hingga pukul 10.50 WIB.
    
Begitu Wabup Jombang Widjono Soeparno tiba di lokasi menyertai datangnya kirab 9 gunungan hasil bumi dari 9 desa se Kecamatan Wonosalam, warga mulai berebutan hasil bumi yang dikirab.
    
Sejurus kemudian, panitia yang berada di sekitar gunungan durian membagi-bagikan rambutan dan salak yang mengelilingi tumpeng durian. Ratusan warga yang sejak pagi mengelilingi tumpeng durian lantas merangsek maju.
    
Semula warga masih sabar menerima pembagian durian dari panitia. Namun itu tak berlangsung lama. Sejumlah warga yang tak sabar melompat pagar besi pengaman tumpeng raksasa, dan mengambil sendiri-sendiri durian yang ditata di gunungan. Ulah ini ditiru warga lainnya.
    
Panitia dan pihak keamanan yang tak mampu mencegah akhirnya membiarkan warga memanjat ‘tumpeng’ dan menjarah ribuan durian tersebut. “Yang penting jangan sampai ada kekerasan, dan durian jangan dilempar-lempar karena bisa melukai warga lain,” teriak penitia dari atas panggung hiburan.
    
Dalam waktu sekitar setengah jam, ribuan durian yang semula tertata rapi pada kerangka berbentuk kerucut itu pun ludes. Yang tertinggal hanya kerangka bambu berbentuk kerucut setinggi sekitar 4 meter.
    
Wabup Jombang Widjono Soeparno mengaku senang dengan antusiasme warga. Menurut Widjono, acara ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan dari warga Jombang, khususnya petani durian atas panen yang melimpah. 
       
“Pemerintah daerah berharap ini menjadi tradisi tahunan. Sehingga sekaligus mempromosikan potensi di Wonosalam. Mulai potensi wisata, pertanian, peternakan, perkebunan, hingga produk-produk unggulan Wonosalam lainnya," pungkas Widjono. - See more at: http://surabaya.tribunnews.com/2013/02/17/kenduri-durian-2013-durian-ludes-dalam-setengah-jam#sthash.ZMxdEpAQ.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar