post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Rabu, 21 Maret 2012

Khasiat Blimbing Buah





Siapa yang tidak kenal dengan belimbing ? Buah berbentuk bulat tropis yang berbentuk panjang dengan rusuk tajam berjumlah lima menyerupai bintang ini memang sudah umum dikenal. Rasanya manis-asam menyegarkan dengan aroma khas yang membangunkan selera. Lantas, manfaat apa yang bisa didapat dari buah belimbing ini.


Buah Belimbing memang termasuk buah yang paling banyak dijumpai. Umumnya buah ini dimanfaatkan sebagai campuran rujak, jus atau dimakan langsung, padahal manfaatnya banyak untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan.


Pertama, Belimbing Manis atau bahasa ilmiahnya Averrhoa carambola bentuknya besar, kurang lebih sekepal tangan orang dewasa. Memiliki bentuk yang bergelombang mirip bintang dan bewarna kuning kehijauan. Biasa disebut dengan Starfruit (buah bintang).


Jenis kedua adalah Avverhoa blimbi atau yang biasa disebut belimbing wuluh atau belimbing sayur. Kenapa dinamakan belimbing sayur? Soalnya buah belimbing jenis ini kerap ditemukan pada masakan seperti sayur asam atau masakan padang. Bentuk buahnya jauh lebih kecil dari belimbing manis. Belimbing sayur umumnya berbentuk tak lebih dari jari-jari orang dewasa, berwarna hijau muda dan memiliki rasa yang asam namun menyegarkan.


Manfaat dan Khasiat Belimbing


Rasa buah belimbing manis memang manis dan menyegarkan. Selain itu, belimbing ini sarat akan gizi. Kandungan vitamin A dan C yang dikandungnya merupakan antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh.

Di dalam belimbing manis juga kaya pektin. Pektinnya mampu menjerat kolesterol, mencegah hepatitis atau penyakit pengerasan hati, dan asam empedu yang terdapat dalam usus dan membantu pembuangannya. Dan seratnya bermanfaat memperlancar proses pencernaan. Makanya buah belimbing efektif untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita penyakit hipertensi yang mengkonsumsinya.



Buah belimbing matang yang terkenal dengan rasa manis ini berkhasiat untuk meredakan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, kolesterol, batuk, radang tenggorokan dan demam. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga dipercaya sebagai obat kanker.


Bunga buah belimbing yang berwarna keunguan dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit malaria. Daunnya yang rimbun berkhasiat untuk mengobati sakit maag, melancarkan air seni, hipertensi dan penyakit bisul.


Bahkan akar tanaman belimbing dapat mengobati penyakit rematik. Manfaat yang bisa kita peroleh, selain untuk kesehatan, enak dikonsumsi sebagai buah segar dan dapat juga dimanfaatkan sebagai tanaman pekarangan.

Sumber: dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar